DIRGAHAYU GERAKAN PRAMUKA INDONESIA KE-55

14:02:00



Haiii My Amazing Readers ..

Tepat hari ini, 14 Agustus 2016 merupakan Hari yang bersejarah nih buat para Anggota Pramuka Se-Indonesia.. ada apa sih dengan tanggal 14 Agustus 2016 ?? Yups, tentu saja hari ini merupakan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka yang pada tahun ini genap berusia 55 Tahun. Semua orang pasti tahu kan Pramuka ? Sebagian besar pasti pernah menjadi anggota, minimal sampai Pramuka Siaga lah pas jaman SD lah yaa hehee .. Saya merupakan salah satu Anggota Pramuka yang baik loh, walaupun saya tidak meneruskan menjadi anggota Pramuka hingga tahap Pandega, tapi Pramuka selalu di hati lah #eeaaa (Secara gara-gara Pramuka jadi pernah ikutan event skala nasional dan nginjek tanah kelahiran Baden Powell hehee). Nah untuk kali ini, yuk kita lebih kenal dengan Gerakan Pramuka di Indonesia. 

Gerakan Pramuka merupakan suatu organisasi kepanduan di Indonesia yang bertugas untuk melaksanakan pendidikan kepanduan kepada anak-anak dan pemuda di Indonesia. Gerakan Pramuka berkembang di Indonesia melalui buku yang berjudul ‘Scouting for Boys’. Istilah kepanduan itu sendiri muncul dari kata Scouting yang dikembangkan oleh Lord Baden Powell seorang pemuda berkebangsaan Inggris untuk membina pemuda Inggris yang lainnya dengan cara berkemah di Brownsea pada tahun 1907 yang kemudian ia tuangkan pengalamannya saat berkemah di buku tersebut. 
Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada rakyat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961. Hal itulah yang menjadikan tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka di Indonesia memiliki lambang yaitu Siluet Tunas Kelapa. Mengapa Tunas Kelapa ?? Hal ini dikarenakan Kelapa merupakan suatu tanaman yang dapat berguna semua bagiannya bagi kehidupan. Hal inilah yang melatar belakangi pemilihan Tunas Kelapa sebagai lambang Gerakan Pramuka dengan harapan anggota Pramuka menjadi cikal bakal kelangsungan hidup, dapat menyesuaikan diri dimana saja, dan juga dapat berguna bagi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sekian penjelasan singkat mengenai Gerakan Pramuka, jangan pernah merasa bahwa Pramuka merupakan organisasi yang kolot ataupun tidak berguna. Justru yang saya rasakan, Pramuka membantu saya untuk lebih tahan terhadap tempaan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna bagi orang lain. Harapan saya di hari ulang tahun Gerakan Pramuka, semoga Gerakan Pramuka semakin maju dan semakin berguna bagi kehidupan bangsa dan negara. Dan mampu menghasilkan bibit-bibit pemuda dan pemudi yang dapat memajukan Indonesia.
Salam Pramuka !

You Might Also Like

0 komentar